Menu Tutup

9 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Difitnah Teman

Yang harus dilakukan ketika difitnah teman – Fitnah sering kali menjadi perusak suatu hubungan. Bayangkan jika temanmu tiba-tiba menceritakan kepada semua orang tentang dirimu namun tidak sesuai dengan faktanya. Kamu tentu bakal sangat marah sekaligus malu sekali. Teman-temanmu akan mulai menjauhimu karena cerita palsu yang dibuat oleh temanmu sendiri. Dalam titik tersebut, mungkin kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan. Di satu sisi kamu tentu sangat membenci temanmu tersebut, namun di sisi lain, kamu tidak bisa saja memutuskan pertemanan yang sudah kamu jalin lama dengannya.

Sebagai seorang muslim, islam telah mengajarkan cara-cara untuk menyikapi keadaan di mana kamu difitnah oleh temanmu sendiri. Kamu tidak perlu mengumbar amarahmu di depan semua teman-temanmu dan mempermalukan teman yang memfitnah kamu. Inilah beberapa hal yang harus dilakukan ketika difitnah teman sesuai dengan tuntunan Islam.

Mintalah Perlindungan Allah SWT

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan meminta perlindungan kepada Allah SWT dari semua bentuk kejahatan. Kamu harus mendekatkan diri kepada Allah untuk meminta petunjuk bagaimana menyikapi sifat temanmu yang buruk tersebut. Mintalah bimbingan kepada-Nya. Apakah kamu harus marah kepada temanmu, menjelaskan duduk permasalahannya, ataupun memutuskan untuk diam.

Kuatkan Mental

Selanjutnya, kamu harus tetap menguatkan mentalmu. Dibandingkan harus meladeni temanmu yang memfitnah, kamu lebih baik menguatkan mentalmu sendiri saat menghadapi teman-temanmu yang lain. setelah terkena fitnah, kamu tentu akan mendapatkan banyak pergunjingan dari teman-temanmu yang lain. Kamu harus tetap kuat dan jangan sedikit pun memperlihatkan kelemahanmu. Kamu harus menanamkan kuat-kuat prinsip berani karena benar dan menghadapi sengal tuduhan temanmu dengan berani. Perbuatanmulah yang menunjukkan siapa yang benar sesungguhnya.

Sabar

Tentu sabar menjadi kunci utama dalam menghadapi fitnah. Banyak cerita-cerita islam yang berisi kesabaran orang-orang hebat saat mendapat fitnah. Kamu tidak bisa meluapkan amarahmu karena itu justru tidak akan menyelesaikan permasalahanmu malah membuatnya semakin keruh. Kamu juga akan mendapat dosa jika melayani teman yang memfitnahmu dengan amarah.

Berhenti Merenungi Nasib

Saat sudah terkena fitnah oleh teman dekatmu, pasti kamu akan selalu bertanya-tanya mengapa dia begitu tega melakukannya. Wajar jika kamu melakukannya hanya sehari dua hari. Namun jika kamu terus merenunginya tanpa melakukan apapun, itu hanya menghabiskan waktumu saja. Kamu tidak bisa bergerak maju dan semua produktifmu akan terhambat. Maka berhenti menanyakan sebab mengapa temanmu tega melakukannya dan teruslah bergerak maju.

Introspeksi

Bermuhasabah adalah hal penting yang perlu kamu lakukan selanjutnya. Kamu juga harus berkaca di mana kesalahan mu. Meskipun tindakan temanmu tidak bisa dibenarkan, namun kamu juga harus melihat ke dalam dirimu sendiri. Bagaimanakah sikapmu terhadapnya? Apakah sudah baik? Ingat. Semua kejadian ada sebab musababnya. Maka muhasabah menjadi hal yang penting.

Keluarlah dan Buat Semua Orang Percaya Kepadamu

Kamu tidak bisa menghadapi fitnah dengan diam saja. Kamu perlu keluar dari ketakutan dan kekhawatiranmu. Kamu harus menghadapi teman-temanmu dan membuat mereka percaya kepadamu bukan kepada teman yang memfitnahmu. Meskipun kepercayaan temanmu sudah hancur karena fitnah tersebut, kamu harus bisa membangun kepercayaan mereka lagi dari awal. Namun jangan sampai kamu mengubah karaktermu sendiri hanya karena ingin dikasihani dan mencari simpati temanmu. Tetaplah menjadi dirimu sendiri.

Tunjukkan Kepribadianmu yang Sesungguhnya

Yang harus dilakukan ketika difitnah teman selanjutnya adalah dengan menunjukkan kepribadianmu kepada khalayak. Kamu tidak bisa melawan kebencian teman-temanmu karena fitnah dengan kebencian. Maka senantiasa berbuat baiklah kepada temanmu untuk menghancurkan dinding kebencian mereka.

Bersikaplah Kebalikan dari yang Dituduhkan

Langkah ini bisa kamu ambil sesuai dengan tuduhan fitnah yang kamu terima. Jika kamu difitnah melakukan pencurian, maka kamu bisa bersikap menjadi seorang yang dermawan untuk menjawab tuduhannya. Teman-teman mu akan mulai mempercayaimu lagi saat mereka melihat kamu bukanlah orang seperti yang difitnahkan temanmu.

Maafkan dan Berbuat Baiklah kepada yang Memfitnahmu

Memaafkan adalah hal yang sulit jika kamu sudah terlanjur sakit hati. Kamu pasti lebih cenderung memilih membencinya daripada harus memaafkannya. Namun tentu saja hal tersebut tidaklah bijaksana. Kamu harus bisa memaafkan temanmu dan segera mengambil pelajaran dari kejadian tersebut. Kamu juga harus berbuat baik kepadanya. Jangan sampai kamu hanya sekedar memaafkan dan berhenti menganggapnya teman. Berbuat baik akan menghindarkanmu dari kejadian sama yang mungkin saja terulang. Kamu bisa membicarakan baik-baik di mana letak kesalahanmu sehingga dia begitu tega melakukan fitnah terhadapmu.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan ketika difitnah teman. Mungkin langkah-langkah di atas terasa berat di awalnya. Kuncinya adalah sabar, introspeksi, dan tetap meminta petunjuk kepada Allah SWT sebagai muslim yang taat dan kuat. Akhirnya, keputusan akhir tetap berada di tanganmu sendiri.

Related Posts